Gaptek Parah

Hari rabu tanggal 5 September kemarin saya mendapat tugas untuk mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi pendataan Dikdas yang diselenggarakan oleh UPT kecamatan bertempat di Koperasi “TITI” Kecamatan Tirto. Ada sesuatu yang membuat perasaan saya campur aduk antara ingin tertawa dan ingin mencaci maki. Sebenarnya hanya masalah kecil, namun bagi saya itu indikasi bahwa satu “penyakit” sudah semakin parah dan belum ada keinginan untuk sembuh. Penyakit itu adalah GAPTEK, atau ada yang menyebutnya KLUTHUK. Hal tersebut tergambar dalam surat undangan yang dikirim ke sekolah-sekolah. Anda ingin tahu salah satu bagian surat undangan tersebut? Berikut ini hasil jepretan kamera handphone saya.

Saat lomba MPI di LPMP Desember 2011 lalu saya pernah mengatakan pada juri bahwa dalam satu kecamatan tidak ada yang bisa Flash (aplikasi Macromedia Flash) selain saya. Mungkin sebagian besar yang mendengar hal itu adalah hanya lelucon saya belaka, karena setelah saya mengucapkan kalimat tersebut langsung disambut gelak tawa semua peserta dan dewan juri.. Namun saya memang mengatakan hal yang benar. Inilah buktinya: bermaksud menulis laptop, yang tertulis adalah Lektop. Bermaksud menulis flashdisk, yang tertulis adalah Plisdis.

Kesimpulan saya, menulis istilah-istilah TIK saja tidak becus, apalagi mengerti TIK. Jika masih terus seperti ini, jangan harap kabupaten ini bisa beranjak dari posisi juru kunci se-Jateng.

4 Responses to Gaptek Parah

  1. Eko Jatmiko says:

    wwkwkwkwk…. Harap di maklumi pak guru… begitulah adanya

  2. Pujo Cahyono says:

    Ini tugas kita semua, untuk dapat mencerahkan orang yang kegelapan dibidang TIK. ditunggu kunjungan baliknya di http://pcahyono.blogspot.com/2012/07/berpacu-dalam-teknologi.html#up

Leave a Reply

