Juara 1 Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif LPMP Jawa Tengah Jenjang TK/SD Tahun 2011

Tanggal 10 s.d 12 Desember 2011 bertempat di LPMP Jawa Tengah telah dilaksanakan Lomba Pemilihan Guru Berprestasi di Bidang Pembelajaran Mandiri Berbasis Komputer /Multimedia Bagi Guru TK/SD, SMP/MTs, SMA/SMK/MA Jawa Tengah. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menampung kreatifitas para guru di Jawa Tengah dalam mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia. Lomba tersebut terbagi menjadi 3 kategori yaitu jenjang TK/SD, jenjang SMP/MTs, dan jenjang SMA/SMK/MA. Karena saya mengajar di SD maka yang saya ikuti tentu saja jenjang TK/SD. Tidak usah ditanyakan lagi hasrat saya untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Saya mulai mendesain karya saya bahkan sejak sebelum saya mengikuti lomba MPI di BPTIKP bulan Agustus lalu. Ketika info lomba dari website LPMP keluar, saya mulai mematangkan karya saya. Namun saya sempat pesimis juga saat info teknis pelaksanaan lomba belum juga keluar bahkan sampai diundur sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Dan pada saat info terbaru dirilis dengan batas waktu pengumpulan CD yang sangat mepet, itulah saat-saat yang paling menguras tenaga karena saya harus menyelesaikan karya dalam waktu sesingkat-singkatnya. Dengan semangat yang tinggi saya akhirnya bisa menyelesaikan pembuatan CD, dan Alhamdulillah termasuk salah satu dari 35 nominasi yang dipanggil ke LPMP.

Seperti biasa, para peserta lomba adalah muka-muka lama yang pernah mengikuti lomba serupa sebelumnya. Keakraban pun semakin terjalin saat kami bertemu kembali untuk berkompetisi.

Kegiatan saya ikuti dengan sungguh-sungguh. Kebetulan saya kedapatan jatah nomor urut 16, dan presentasi pada Sabtu malam pukul 20.30. Saya sempat grogi saat memperagakan action script, namun karena waktu yang dibatasi maka peragaan pun dihentikan.

Saat pengumuman para finalis 5 besar, Alhamdulilah saya termasuk salah satu dari kategori tersebut. Saya mendapatkan jatah presentasi nomor 4. Saya berusaha tetap tenang dan tidak grogi supaya peristiwa malam sebelumnya tidak terulang lagi. Hasilnya, presentasi saya adalah yang paling heboh. Jika umumnya para juri memberikan tekanan psikologis pada peserta, saya justru sebaliknya, memberikan tekanan psikologis pada para juri. Bahkan Pak Mampuono sempat mengajukan pertanyaan dalam bahasa Inggris.

Akhirnya pengumuman para pemenang lomba pun dibacakan. Dengan mengucap syukur Alhamdulillah akhirnya saya keluar sebagai juara 1. Sungguh saya sendiri pun tidak menyangka akan mendapatkan hasil terbaik. Saya mengucapkan terima kasih pada semua rekan-rekan yang telah mendukung perjuangan saya. Dengan demikian tuntas sudah petualangan multimedia saya di tingkat Jawa Tengah karena para juara tentunya tidak boleh mengikuti lomba ini tahun berikutnya.

Terima kasih juga pada Ibu yang selalu mendoakan perjuangan saya. Kepada para guru SD di Kabupaten Pekalongan, saya berpesan : catch me if you can…!

20 Responses to Juara 1 Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif LPMP Jawa Tengah Jenjang TK/SD Tahun 2011

  1. widi says:

    patut dicontoh, langsung praktek…

  2. siti says:

    selamat pak…wah ongkos kirim Cd buat mas partono mana nih? hehehe..

  3. M Mursyid PW says:

    Congratulation, sir. You deserve it.
    I’m very proud of you.

  4. Dzakiron says:

    Selamat, selamat. Sekali lagi selamat. Bisa bertemu dan menyaksikan langsung karya hebat panjenengan adalah hal yang sangat membahagiakan. Meski agak telat, publikasi foto sdh bisa dinikmati di http://dzakiron.blogspot.com/2011/12/album-foto-lomba-multimedia-lpmp-jawa.html. Ditunggu sharing-nya….

  5. hendrik hermawan says:

    heeeemmmm…..salam mas…aq hendrik hermawan, yang kemarin dikasihani dewan juri sehingga dalam debut pertama yang tujuannya coba-coba disuruh pulang bawa piala harapan 2

    • Oke, ga apa2 Mas Hendrik. Yg penting anda sudah luar biasa, baru ikut langsung dapet piala. Dulu aku pertama kali ikut ga dapet apa2. Tahun depan targetnya ya harus juara nih….

  6. eko says:

    mantap abis… oleh2 flash dah saya praktekkan pak yassir.gak rugi punya teman sekamar njenengan he he

  7. kusyardi says:

    Prestasi yang membanggakan. Salut, Mas!

  8. anita says:

    SELAMAT!!!mas bro…

  9. zainal says:

    Andai semua guru seperti Anda. .Dunia pendidikan pasti jauh lebih baik ..,
    salut. .

  10. Eko Jatmiko says:

    Nyong di waraih gawe MPI ne pak Yasir… fotone inyong mlebu ya? heee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: