Berburu, Malah Diburu

Disamping berkompetisi untuk menjadi yang terbaik, saya mengikuti lomba multimedia tersebut juga untuk berburu ilmu tentang hal-hal yang berhubungan dengan multimedia. Saya berpikir, nanti di sana saya akan meng-copy file-file mentah multimedia hasil karya-karya para peserta. Akan saya bongkar dan pelajari detailnya. Dan jika ada hal yang tidak saya pahami, akan saya tanyakan langsung pada pembuatnya. Dengan demikian akan semakin menambah pengetahuan saya dan akan saya jadikan bekal untuk lomba berikutnya.

Pada awalnya kegiatan berjalan normal sesuai pikiran saya. Namun ketika saya selesai presentasi babak penyisihan, atmosfirnya agak berubah. Banyak yang respek dengan karya saya. Bahkan ada rekan peserta yang nyeletuk “Pak, njenengan datang bawa 1 laptop, nanti pulang bawa 2 laptop,”. Dan beberapa rekan peserta pun mulai meminta copy-an hasil karya saya baik yang sudah jadi maupun mentahnya. Dengan senang hati saya turuti permintaan mereka. Saya ikhlas memberikan karya saya agar bisa mereka pelajari. Bahkan ada beberapa rekan yang mulai bertanya-tanya pada saya tentang Flash. Ada yang tertarik ingin belajar Flash, ada juga yang bertanya tentang action script. Saya katakan pada mereka bahwa mempelajari Flash sebenarnya mudah, yang dibutuhkan hanya ketekunan dan kesungguhan. Banyak yang bilang Flash itu susah, karena mereka tidak tekun dan tidak bersungguh-sungguh dalam mempelajari Flash.

Dan, niat saya untuk berburu ilmu akhirnya terbalik. Namun saya sangat senang bisa berbagi ilmu dengan mereka. Disamping menambah pengalaman juga semakin menambah keakraban. Di sinilah saya bisa bertemu dan berbagi ilmu dengan rekan-rekan yang mempunyai ketertarikan yang sama terhadap multimedia. Berbicara masalah TIK pun nyambung karena sudah sejalan. Hal yang sangat sulit saya temui di daerah saya.

Saya hanya pesan kepada para peserta agar tidak pelit untuk sekedar berbagi ilmu. Saya berani jamin, Anda tidak akan rugi jika membagi ilmu Anda pada orang lain. Anda justru akan mendapatkan hasil yang jauh lebih besar. Saya sendiri juga merasakan, saya hanya memberikan beberapa action script dan teknik Flash sederhana pada rekan-rekan saya. Namun sebagai gantinya saya meraih juara 1 dan mendapatkan hadiah. Rasanya tidak percaya saya bisa dapat netbook.

10 Responses to Berburu, Malah Diburu

  1. M Mursyid PW says:

    Akan lebih baik lagi kalau media tsb di-share di sini, Pak.

    • Ealah, kok komennya masuk ke spam…
      Size nya terlalu gede, pak. 165 MB. Di-upload susah. He..he..he..
      Kalau njenengan pingin ya tak anterin aja ke sekolah atau rumah njenengan, sekaligus sowan sama senior.

  2. anita says:

    cool…

  3. Roni Yusron says:

    Tidak ada kata untuk mengucapkan kata, ”SELAMAT PAK YASSIR”.
    Bisa dishare donk file nya. Dipotong2 aja Pak😛

  4. mahmud says:

    salam kenal dari gorontalo pak,semoga sukses selalu,kunjung balik pak

Leave a Reply

