Adu Kreatifitas Guru dalam Lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan sudah semakin pesat. Hal ini menuntut semua elemen pendidikan termasuk tenaga pendidik untuk mengikuti perkembangan teknologi untuk meningkatkan kinerjanya. Salah satu pemanfaatan TIK dalam pendidikan adalah dengan kreasi multimedia pembelajaran interaktif. Pembelajaran yang konvensional dirasa sudah semakin ketinggalan jaman. Dengan hadirnya multimedia pembelajaran diharapkan proses pembelajaran dapat berlangsung lebih menarik, dinamis dan selaras dengan ilmu pengetahuan yang selalu berkembang setiap saat.

Pada tanggal 12 Agustus 2011 kemarin, saya mengikuti lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) yang dilaksanakan oleh BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Meski dalam suasana berpuasa namun tidak menghalangi semangat saya untuk mengikuti lomba tersebut. Saya harus sering-sering mengikuti lomba seperti ini untuk menambah pengalaman serta pengetahuan saya di bidang multimedia pembelajaran. Ketika saya bertemu dengan para peserta lomba, terasa seperti reuni kecil-kecilan karena sebagian dari mereka ternyata muka-muka lama yang pernah mengikuti lomba serupa sebelumnya. Bahkan saya juga bertemu dengan finalis 5 besar saat di LPMP tahun 2010 lalu, Ibu Wahyuningsih. Namun tidak sedikit juga mereka yang baru pertama kali mengikuti lomba seperti ini.

Saat lomba berlangsung, satu persatu para peserta dengan semangat mempresentasikan hasil karya mereka. Ada juga peserta yang mempresentasikan dengan kocak seperti Bapak Budiyono, S.Pd dari Grobogan Purwodadi sehingga mengundang gelak tawa para peserta dan juri. Ada juga yang merasa salah persepsi seperti Ibu Lia Maylani Hendriyanti dari Semarang, sampai-sampai berniat mengundurkan diri dari lomba. Namun di luar itu semua, karya-karya mereka patut diberi apresiasi tinggi mengingat kreatifitas mereka dalam mendesain multimedia pembelajaran sangat bagus.

Pengalaman dan pengetahuan yang saya dapat dari lomba tersebut sangat banyak. Saling bertukar ilmu antar peserta menjadikan pandangan saya makin terbuka. Berbagi file dan software adalah hal yang menyenangkan dan tidak ingin saya lewatkan. Saya juga sempat belajar membuat animasi 3D sederhana dari Bapak Sugiyono, S.Kom dari SD Al Azhar 16 Cilacap.

Kreasi dan inovasi dalam pembelajaran mutlak diperlukan, dan multimedia pembelajaran interaktif adalah salah satunya. Tidak bisa dipungkiri, masih banyak sekolah-sekolah yang belum tersentuh oleh kemajuan teknologi. Jika saya melihat sekolah-sekolah di daerah terpencil saya jadi sedikit ironi, jangankan punya komputer, bisa sekolah saja sudah bagus. Namun kita harus tetap semangat. Kreasi dan inovasi jangan sampai padam. Tunjukkan bahwa guru-guru masa kini lebih kreatif dan inovatif. Dengan perjuangan yang terus-menerus niscaya proses pembelajaran akan lebih maju dengan hadirnya multimedia.

Dengan ini saya juga menantang guru-guru angkatan muda se-Kabupaten Pekalongan untuk menunjukkan kreasinya di bidang multimedia pembelajaran. Jangan sebut Anda melek komputer sebelum Anda mengikuti lomba multimedia pembelajaran. Jika laptop Anda hanya Anda gunakan untuk mengetik saja, maka laptop Anda tidak lebih dari sekedar gantungan kunci belaka. Buktikan jika Anda adalah guru kreatif.

16 Responses to Adu Kreatifitas Guru dalam Lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif

  1. M Mursyid PW says:

    Tetep semangat!!! Maju terus, pantang mundur.

  2. kusyardi says:

    Saya ikut bangga. Teruslah berkarya dan, mengatas!

  3. guru rusydi says:

    asik guru2 di sana, kompetitif. di sini gak seheroik sana. pengen banyak belajar. bisa sharing kan pak guru? dari guru SD

  4. kuparkir says:

    sindiran yang menggelitik sekali pak, saya hanya gunakan untuk mengetik dan dalam multimedia masih awam. semangat berkreasi pak

  5. Zulmasri says:

    Selamat Pak Yasir. Yakinlah, Pak Yasir pasti bisa yang terbaik. Maju ke babak berikutnya kan?

  6. selamat pa yas, guru di jawa tengah memang kreatif. boleh ga bagi file hasil presentasinya mas. jd penasaran seperti apa. semoga bisa belajar

  7. anita says:

    smakin maju nie…mantap!

Leave a Reply

