Ilusi Optik

Ilusi optik adalah kesalahan intersepsi pandangan mata yang melenceng dari hal sebenarnya. Ilusi optik dialami salah satunya karena keterbatasan mata manusia. Banyak fenomena ilusi optik yang kita alami di sekitar kita. Dan tampaknya hal itu menarik untuk kita angkat sebagai bahan diskusi. Ada berbagai jenis ilusi optik. 

Berikut ini adalah contoh gambar ilusi optik.

Perhatikan gambar di atas. Gambar garis-garis itu seakan-akan miring, padahal jika diukur dengan bantuan penggaris, garis itu benar-benar garis lurus.

Perhatikan gambar di atas. Pandanglah titik yang ada di tengah. Kemudian maju mundurkan kepala Anda berulang-ulang. Apa yang Anda lihat?. Dua lingkaran itu seakan-akan saling berputar berlawanan arah.

Perhatikan gambar di atas. Pandanglah titik hitam yang ada di tengah. Pandang terus, perhatikan apa yang akan terjadi dengan bulatan-bulatan merah di sekitarnya. Pelan-pelan akan berubah warna menjadi hijau.

Perhatikan gambar di atas. Anda pasti mengira ada segitiga putih berada tepat di atas gambar tersebut. Padahal itu hanya alurnya (path) saja yang membentuk segitiga.

itulah sedikit gambaran ilusi optik. Masih banyak lagi contoh-contoh gambar ilusi optik yang pasti Anda tertarik untuk melihatnya.

Selengkapnya lihat di sini.

(Diolah dari berbagai sumber)

One Response to Ilusi Optik

  1. Huda says:

    Wow, ilusi yang menipu mata …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: