Punya Laptop, Bisa Apa?

Kemajuan teknologi komputer sekarang ini sudah semakin pesat. Alat yang dahulu berfungsi sebagai mesin hitung itu sekarang sudah berevolusi menjadi mesin super. Tak hanya bisa berhitung, komputer bisa juga membuat gambar, membuat dokumen, memainkan lagu, memutar video dan masih banyak lagi. Mesin super ini mempunyai kemampuan sedemikian rupa sehingga eksistensinya makin nyata dan esensial. Tidak hanya dari sisi perangkat lunak, dari segi ukuran pun komputer-komputer sekarang sudah semakin compact dan ringkas sehingga tidak perlu lagi menetap di suatu tempat.
Komputer saat ini sudah bertransformasi bentuk menjadi berbagai macam ukuran dengan kemampuan yang semakin canggih. Tentu sering kita dengar istilah PC desktop, laptop, notebook, netbook, nettop, UMPC dan lain sebagainya. Itu adalah hasil dari evolusi kecanggihan dan kemajuan teknologi di bidang komputer.


Saat ini kepopuleran komputer lipat semakin tinggi. Hal ini dibuktikan dengan penjualan laptop yang semakin meningkat. Sekarang semua orang ingin punya laptop. Seakan-akan laptop adalah sebuah lambang prestise dan gengsi. Mereka yang punya laptop bisa bebas bergaya dengan perangkat tersebut. Laptop sekarang tidak hanya berfungsi secara teknis, tapi juga prestise.
Akan tetapi kemajuan teknologi komputer tersebut belum diimbangi dengan pengetahuan yang memadai tentang komputer. Fenomena yang terjadi saat ini adalah banyak orang yang punya laptop, tapi sedikit yang paham bagaimana memanfaatkan laptop. Banyak yang punya komputer tapi sedikit yang paham komputer. Fakta di lapangan memperlihatkan, laptop hanya digunakan untuk ngetik, memainkan lagu, dan menonton video. Hanya itu yang lebih banyak dikuasai. Selebihnya? Sulit.
Seperti yang sudah dipaparkan di atas, komputer adalah mesin berkemampuan “super”. Laptop yang kita miliki mempunyai kemampuan lebih dari sekedar ngetik, memainkan lagu, atau memutar video. Dengan laptop kita bisa menjelajah internet untuk mencari informasi, membuat gambar atau logo, mendesain model 3D, mengedit video, membuat aplikasi, membuat animasi, merekayasa foto, membuat aransemen musik dan masih banyak lagi yang tidak kita ketahui. Itu semua bisa dengan mudah dikerjakan lewat komputer. Dan ternyata mereka yang menguasai hal-hal tersebut masih bisa dihitung dengan jari.
Sangat disayangkan dengan fakta kita memiliki laptop tapi hanya sekedar ngetik. Tidak pernah kita berfikir menggunakan laptop untuk mengoptimalkan kerja kita. Secanggih atau semahal apapun laptop yang kita punya, jika tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang perangkat lunak, rasanya berat sebelah.
Jika kita sedang duduk di depan laptop, lalu kita ditanya teman “Bisa buat logo sperti ini nggak?”, lalu kita jawab “Tidak…”. Kemudian dia bertanya lagi “Bisa ng-edit fotoku ga, biar lebih terang?”, lalu kita jawab “Tidak…”. Lalu teman kita yang lain bertanya “Bisa nyetting modem ga?”, lagi-lagi kita jawab “Tidak…”. Kemudia di lain hari, atasan kita meminta bantuan pada kita yang punya laptop “ Tolong buatkan blog, bisa?”, dan dengan senyum manis kita jawab “Tidak bisa…”.
Pada akhirnya muncul pertanyaan besar : punya laptop, bisa apa?

6 Responses to Punya Laptop, Bisa Apa?

  1. kusyardi says:

    Mas Yassir, tugas kita bersama untuk membantu rekan-rekan agar lebih terampil mendayagunakan laptopnya sehingga situasinya menjadi lebih baik: Punya Laptop, Apa-apa Bisa!

    • Betul, Pak Kus. Harusnya itu yang kita harapkan. Semoga ke depannya mereka yang punya laptop bisa lebih berdaya guna. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, Pak Kus. Salam hangat dari saya…

  2. alfina'anita'damayanti says:

    klo di tempatku pnya laptop bisa zuma…he2…btw ajarin aq jg ya yg blm pnya laptop…biar apa2 bisa jg pas pnya laptop ntar….

  3. cholissragi says:

    pengen punya laptop dan serba bisa.. Hehe..

    Salam kenal mas yassir..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: