Tentang Multimedia dan Blog Oleh M. Mursyid P.W.

Menyimak materi multimedia yang disampaikan oleh Bapak M. Mursyid PW. pada pertemuan rutin KKG Bahasa Inggris SD Kabu- paten Pekalongan tanggal 28 Mei 2011 lalu sungguh menye- nangkan. Beliau-lah yang membuat saya tertarik untuk men- dalami multimedia pembelajaran. Dari karya-karya beliau-lah saya belajar bagaimana teknik mendesain multimedia pembelajaran dengan baik dan benar. Sesuai dengan mottonya, beliau tidak pelit untuk sekedar berbagi ilmu dan tips-tips bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Saking hebatnya sampai-sampai beliau tidak diperkenankan berpartisipasi dalam lomba multimedia pembelajaran interaktif.

Saya tidak sempat berdiskusi dan sharing lebih lama karena saat itu waktu yang diberikan panitia sangat singkat. Saya juga tidak tahu apakah auidennya paham atau tidak, meng-copy materi ke flashdisk pun saya kira hanya untuk pantes-pantes saja. Bukan bermaksud sinis, namun kebanyakan kemampuan TIK kita hanya sebatas mengetik saja. Tidak ada kemauan yang kuat untuk mengembangkan TIK sebagai media pembelajaran. Meskipun sudah banyak diselenggarakan even lomba, namun keberadaan multimedia masih menjadi hal yang langka. Kita harus tahu bahwa TIK berkembang sangat pesat. Bisa saja saat ini multimedia pembelajaran belum mempunyai daya tarik. Namun saya yakin beberapa tahun ke depan kondisi akan berubah, TIK akan menjadi kebutuhan yang essensial. Oleh karena itu mulai sekarang hendaknya kita bersiap-siap menghadapi tantangan tersebut.

Disamping penjelasan tentang multimedia, Pak Mursyid juga memberi kuliah tentang cara membuat blog. Saya sendiri belajar nge-blog juga karena terinspirasi oleh beliau. Blog ternyata cukup efektif untuk melatih kita menuangkan ide, gagasan ataupun konsep pemikiran. Tidak seperti situs jejaring sosial semacam Facebook yang hanya ngoceh ngalor-ngidul  tidak jelas ujungnya, blog bisa melatih kita untuk berpikir dan berimajinasi yang kemudian diekspresikan lewat tulisan dan dituangkan secara sistematis pada tiap-tiap posting. Karena materi yang disajikan adalah blog guru, maka isi blog setidaknya mencerminkan citra seorang guru. Dengan rajin menulis artikel, kita akan terbiasa dengan budaya menulis yang saat ini tengah gencar-gencarnya disosialisasikan. Kita menjadi terbiasa menganalisa, menemukan masalah, mencari solusi dan menarik kesimpulan, yang mana semua itu adalah beberapa bagian dari sistematika penulisan karya ilmiah. Jika kita sudah terbiasa dengan hal-hal tersebut, artinya separuh karya ilmiah kita sudah selesai.

Namun begitu, ketertarikan para guru untuk nge-blog masih rendah, bahkan untuk guru-guru muda sekalipun dan bahkan yang sering berinternet sekalipun. Saya pun sangsi para peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut akan membuat blog. Bisa saya baca dari raut wajah mereka. Seperti yang saya katakan di awal, meng-copy materi ke flashdisk pun hanya sekedar pantes-pantes saja. Kita jangan berpikir nge-blog untuk apa, namun jadikanlah blog sebagai sarana untuk mengekspresikan diri kita. Jika kita seorang guru maka ekspresikan blog kita layaknya seorang guru. Anda bisa bayangkan seandainya semua guru-guru, khususnya di Kabupaten Pekalongan, membuat blog. Dunia maya niscaya akan dipenuhi ilmu-ilmu pendidikan yang bermanfaat. Anak-anak didik kita akan mudah mencari materi pembelajaran di internet untuk bahan belajar mereka. Para orang tua pun tidak akan kesulitan untuk mengarahkan kebiasaan berinternet anak-anak mereka. Memang terdengar muluk-muluk, namun setidaknya kita punya angan-angan yang positif.

Entah kapan lagi saya bisa bertemu dengan Pak Mursyid, berdiskusi dan sharing seputar miltimedia pembelajaran serta trik-trik Flash.

About these ads

4 Responses to Tentang Multimedia dan Blog Oleh M. Mursyid P.W.

  1. Kiko says:

    Jadi pingin membuat media pembelajaran nih …

  2. M Mursyid PW says:

    He he he … ada foto sy nampang di sini rupanya.
    Semoga semakin banyak teman guru di Pekalongan tertarik mengembangkan multimedia dan internet utk pembelajaran ya, Pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: