Teknik Montase Foto Menggunakan FotoMix

Montase (montage) adalah teknik menggabungkan dua gambar yang berbeda dengan menggunakan aplikasi image editor. Menjelang awal milenium sekitar tahun 1999, masyarakat dihebohkan dengan kasus foto-foto telanjang artis ibu kota yang marak beredar di internet. Namun setelah diteliti, ternyata foto-foto tersebut adalah hasil rekayasa tangan-tangan kreatif dengan aplikasi pengolah gambar. Sejak saat itu teknik montase menjadi trend di kalangan desainer grafis. Mereka bisa berkreasi dengan berbagai macam foto dan gambar menggunakan aplikasi image editor yang canggih dan rumit dengan teknik tinggi.

Namun dengan semakin majunya teknologi, teknik montase dapat kita pelajari dengan mudah menggunakan aplikasi sederhana dan tidak membutuhkan teknik khusus. Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman teknik montase foto menggunakan FotoMix versi 8.1.3.

1.         Buka lembar kerja baru FotoMix. Klik tab Background.    Di panel kiri klik Open.

Akan terbuka kotak dialog. Cari file gambar yang akan dijadikan background.

Dalam contoh, saya menggunakan background ini :

2.         Kemudian klik tab Foreground untuk memasukkan foto yang akan di-edit. Pada panel kiri klik Open, akan keluar kotak dialog. Cari file gambar yang akan dimasukkan.

3.    Masukkan lagi foto atau gambar yang akan digabung dengan gambar pertama.

4.         Klik foto pertama di panel kanan untuk memulai proses editing. Perhatikan background merah dalam foto tersebut, itu yang akan kita hilangkan dan kita ambil bagian kepala dan leher saja. Di panel kiri, klik Color Erase, lalu klik ikon pipet disebelah kanan atas sehingga pointer berubah menjadi pipet.

 

 

 

 

 

 

Setelah itu klik pada area merah pada foto. Lakukan drag mouse untuk memulai proses menghilangkan background. Drag mouse dengan teliti. Kita bisa mengatur besar kecil lingkaran eraser dengan mengatur slide pada Brus Size.

 

 

 

 

 

 

Perhatikan, area yang berwarna hijau muda adalah area yang sudah terhapus.

Kita bisa memilih warna eraser dengan memilih warna pada salah satu ikon di bawah slide Brush Size.

Lakukan proses drag mouse, sisakan bagian kepala dan leher. Untuk memperhalus tepi (edge), perbesar gambar dengan menggeser slide zoom.   Kemudian haluskan tepinya.

Jika ada bagian yang seharusnya tidak terhapus namun ikut terhapus, drag dengan klik kanan area tersebut untuk mengembalikan area seperti semula.

 

Setelah selesai kira-kira hasilnya seperti ini :

Kemudian lakukan proses yang sama untuk gambar kedua (gambar jas). Di sini kita hanya akan mengambil bagian jas nya saja.

5.         Selanjutnya klik tab Composition. Di sini terlihat area yang tadi kita hapus menjadi hilang. Jika dirasa ada yang kurang pas, kembali ke tab Foreground dan lakukan proses editing seperlunya.

6.         Tempatkan masing-masing gambar pada posisi yang sesuai dengan drag and drop mouse. Sesuaikan juga ukuran antara kepala dan badan jas agar terlihat proporsional dengan cara drag mouse pada ikon S (Skew) pada garis putus-putus sebelah kanan bawah.

7.    Setelah dirasa sesuai dan proporsional, selanjutnya klik tab Touch Up. Di sini kita akan memperhalus tepi gambar yang saling besentuhan. Pada contoh ini area tepi pertemuan antara leher dan kerah baju masih terlihat kasar dan ada sedikit kekosongan. Kita lakukan editing dengan menggunakan tool yang ada di panel kiri.

Gunakan Blend Brush untuk menghaluskan dua titik pertemuan. Gunakan Clone Brush untuk mengisi kekosongan ruang area. Ukuran lingkaran brush bisa diatur melalui Brush Size.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.    Setelah selesai, kira-kira beginilah hasilnya  :

9.         Jika ada yang perlu diperbaiki, kembali ke tab sebelumnya. Jika sudah selesai klik tab Finish. Pada panel kiri kita bisa menyimpan hasil karya kita dengan meng-klik Save.

 

 

 

 

 

10.  Seperti inilah hasilnya  :

Ternyata cukup mudah, dengan aplikasi ini kita tidak perlu direpotkan dengan banyaknya layer-layer semacam Photoshop. Meskipun hasilnya tidak sebagus Photoshop namun aplikasi ini cukup untuk ukuran pemula. Sekarang Anda bebas berkreasi dengan foto-foto Anda yang keren. Selamat berkreasi.

Download tutorial PDF

Download FotoMix 8.1.3

About these ads

13 Responses to Teknik Montase Foto Menggunakan FotoMix

  1. alfina'anita'damayanti says:

    dpt ide postingnya stlh edit foto sapa nie…punya fb ga pak…klo pnya add ke fb ku ya… Alfina anita damayanti… Tak tggu… Trims…

    • Yah, sekedar berbagi. Brgkali ada yang pingin utak-atik fotonya sendiri. Aku punya akun Fb, tapi sdh jarang aktif, paling cm liat2 tok. Mending di sini aja…

  2. didta7 says:

    makasih info nya

  3. meghamued says:

    dapat pengetahuan tentang mengedit foto dengan baik makasih info dan pengetahuannyaa paa

  4. Krisna Shop says:

    wah bagus sekali tutorialnya pak :razz:

    kalau ditambah polesan photoshop hasil montasenya pasti makin oke :wink:

    • Yassir says:

      Trimakasih, Pak. Ini khusus untuk pemula yang pingin fotonya tampil keren tapi ga usah ribet. Kalo Photoshop emang lebih halus, tapi masih jarang yang bisa.

  5. adit says:

    gimana cara memperbesar ukuran supaya sama

  6. Mujino says:

    Kang, aku ijin download flash-e ya. Matur Susun……….moga sukses selalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: